Sebanyak 4 Guru SD N Lempuyangwangi Kota Yogyakarta mengikuti Program Bridge Australia-Indonesia 2014 . Program Bridge Australia-Indonesia 2014 diselenggarakan oleh Asia Education Foundation (AEF) di bawah koordinasi Kedutaan Besar Australia di Jakarta. Seleksi berlangsung hari Rabu tanggal 29 Januari 2014 bertempat di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Seleksi meliputi dua tahap yaitu tertulis dan wawancara. Tim Penguji berasal dari Kedutaan Besar Australia dan IALF Jakarta.
Program Bridge merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk menjalin hubungan kerjasama sekolah 2 negara. Program ini menurut rencana akan bekerja sama dengan sekolah dasar di Negeri Kangguru (Australia) yang akan berlangsung pada Februari -Maret selama 3 (tiga) minggu. Selain kerjasama antar sekolah, program ini juga untuk ajang pertukaran pengalaman antar guru serta saling mempelajari budaya masing-masing negara.

Seperti telah diketahui Australia merupakan salah satu negara tetangga yang sudah sejak lama menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia. Hubungan baik tersebut merupakan hal sangat penting dalam menjaga stabilitas wilayah antar kedua negara. Melalui Program Bridge akan mempererat persahabatan dan menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara guru dan siswa kedua negara. Dengan kata lain para duta pendidikan yang lolos nantinya akan mempunyai misi memperkenalkan budaya dan sharing knowledge and experience antar peserta. Adapun peserta seleksi dari SDN Lempuyangwangi terdiri dari 4 guru mereka adalah Siti Warijah, S.Ag., Siti Romadon, S. Pd., L. Midjot, S. Pd., dan Giyoto, S. Pd. Setelah seleksi selesai para peserta akan menunggu pengumuman pada minggu pertama bulan Februari 2014. Menurut pemaparan Panitia Seleksi (Donny Jatisambogo.), seleksi tersebut merupakan kelanjutan dari seleksi administrasi yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

Adapun peserta seleksi administrasi untuk sekolah sejumlah 6 SD di Kota Yogyakarta. Dari hasil verifikasi lembaga menghasilkan 3 sekolah yang selanjutnya masing-masing mengirim 4 orang guru untuk diseleksi. Sebanyak 2 guru terpilih akan mengikuti pelatihan Pre-Departure Training di Jakarta selama 4 hari. Untuk selanjutnya diberangkatkan tanggal 23 Februari 2014. Menurut panitia, delegasi tahun ini berasal dari 3 provinsi yaitu Provinsi Jawa Barat (6 guru) , Jawa Timur (4 orang) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (6 orang). Selanjutnya mereka akan dikirim bertugas selama 3 minggu. Minggu pertama Training bersama-sama di Melbourne bertempat di University of Melbourne Australia. Minggu kedua dan ketiga home stay bersama guru partner di beberapa negara bagian. Semoga berhasil!  Bersambung …..